Tugas Softskill Pengantar Bisnis
"Analisa
Strategi Pemasaran PT Aqua Golden Missisippi Tbk"
NAMA : INDRI ASTUTI
NPM : 23215366
KELAS : 1EB23
JURUSAN : AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2014-2015
Kata Pengantar
Dengan menyebut nama Tuhan Yang
Maha Esa, kiranya pantaslah kami memanjatkan puji syukur atas segala nikmat
yang telah diberikan kepada penulis, baik kesempatan maupun kesehatan, sehingga
penulis dapat menyelesaikan makalah Pengantar Bisnis ini dengan baik. Salam dan
salawat selalu tercurah kepada junjungan kita baginda Rasulullah SAW, yang
telah membawa manusia dari alam jahiliyah menuju alam yang berilmu seperti
sekarang ini.
Makalah Pengantar Bisnis yang telah saya buat berjudul
Analisis Strategi Pemasaran PT Aqua Golden Missisippi Tbk . Makalah ini dapat
hadir seperti sekarang ini tak lepas dari bantuan banyak pihak. Untuk itu saya mengucapkan rasa terima kasih untuk mereka yang telah membantu penulis selama proses pembuatan makalah ini
dari awal hingga akhir.
Namun, saya menyadari bahwa
makalah ini masih ada hal-hal yang belum sempurna dan luput dari perhatian
penulis. Baik itu dari bahasa yang digunakan maupun dari teknik penyajiannya.
Oleh karena itu, dengan segala kekurangan dan kerendahan hati, saya sangat
mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca sekalian demi perbaikan makalah
ini kedepannya.
Akhirnya, besar harapan penulis
agar kehadiran makalah Pengantar Bisnis ini dapat memberikan manfaat yang
berarti untuk para pembaca. Dan yang terpenting adalah semoga dapat turut serta
memajukan ilmu pengetahuan.
Bekasi, Desember 2015
Penulis
PT.AQUA GOLDEN MISSISIPPI tbk
LATAR BELAKANG
Tujuan utama yang diharapkan oleh suatu perusahaan dalam
kegiatan usahanya adalah mencapai laba atau nilai yang optimal dengan
menggunakan sumberdaya secara efektif dan efisien untuk kelangsungan hidup
perusahaan. Dalam usaha pencapaian tujuan perusahaan, pihak-pihak yang terlibat
paling dominan adalah pihak manajemen dan para pemegang saham. Guna mencapai
tujuan perusahaan tersebut, pihak manajemen memiliki tujuan untuk
mempertahankan keberhasilan yang akan dicapai dengan melihat kelemahan dan
kekuatan yang terdapat dalam perusahaan serta menjalankan kebijaksanaan
perusahaan dengan baik dan tepat. Kebijaksanaan tersebut meliputi bidang
Pemasaran, Keuangan, Sumberdaya Manusia, Produksi dan sebagainya sehingga
memerlukan tinjauan manajmen strategi tertentu.
Mengingat PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk merupakan
perusahaan yang cukup besar, yaitu sebagai perusahaan yang mempelopori usaha
air minum dalam kemasan di Indonesia sejak tahun 1973. Maka dari itu,
pengelolaan modal kerja dalam perusahaan sangat memerlukan perhatian khusus.
Perusahaan juga berkepentingan untuk menjaga profitabilitasnya dengan baik agar
kondisi krisis yang dialami Indonesia tidak berimbas pada perusahaan sehingga
perusahaan akan mampu memperoleh laba di dalam menjalankan usahanya.
Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik untuk
menganalisis mengenai modal kerja serta kekuatan dan kelemahan PT. Aqua Golden
Mississippi, Tbk dalam memperoleh laba atas penggunaan modalnya, terutama dalam
hal ini PT. Aqua Golden Mississippi, Tbk sebagai perusahaan air minum dalam
kemasan (AMDK) berusaha untuk tetap menjaga merk, kemasan, dan produknya
sebagai kepuasan pelanggan.
PROFIL PERUSAHAN AQUA
Aqua adalah sebuah merek air
minum dalam kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh PT Aqua Golden Mississippi Tbk
di Indonesia sejak tahun 1973. Selain di Indonesia, Aqua juga dijual di
Malaysia, Singapura, dan Brunei. Aqua adalah merek AMDK dengan penjualan
terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu merek AMDK yang paling terkenal
di Indonesia, sehingga telah menjadi seperti merek generik untuk AMDK. Saat
ini, terdapat 14 pabrik yang memproduksi Aqua dengan kepemilikan berbeda-beda
(3 pabrik dimiliki oleh PT Tirta Investama, 10 pabrik dimiliki oleh PT Aqua
Golden Mississippi, dan pabrik di Brastagi, Sumatera Utara dimiliki oleh PT
Tirta Sibayakindo).
Sejak tahun 1998, Aqua sudah
dimiliki oleh perusahaan multinasional dalam bidang makanan dan minuman asal
Perancis, Grup Danone, hasil dari penggabungan PT Aqua Golden Mississippi
dengan Danone.
Aqua Group didirikan oleh Tirto
Utomo (1930-1994), warga asli Wonosobo yang setelah keluar bekerja dari
Pertamina, dan bekerja di Petronas, mendirikan usaha air minum dalam kemasan
(AMDK).
Tirto berjasa besar atas
perkembangan bisnis atau usaha AMDK di Indonesia, karena sebagai seorang pionir
maka Almarhum berhasil menanamkan nilai-nilai dan cara pandang bisnis AMDK di
Indonesia.
VISI DAN MISI
Visi :
AQUA telah menjadi bagian dari
keluarga sehat Indonesia lebih selama lebih dari 30 tahun. Sebagai pelopor air
minum dalam kemasan sejak didirikan tahun 1973, kini AQUA menjadi bagian yang
tidak terpisahkan dari hidup sehat masyarakat Indonesia. Dulu dan kini, AQUA
tetap dan selalu menjadi yang terbesar dan terdepan di Indonesia. Volume
penjualan AQUA merupakan volume penjualan terbesar di dunia untuk kategori air
mineral.
Misi :
AQUA selalu ingin melakukan
program untuk menyehatkan konsumen Indonesia, diantaranya program AKSI (AQUA
untuk Keluarga Sehat Indonesia) dan AuAI (AQUA untuk Anak Indonesia).
Strategi Pemasaran PT
Aqua Golden Missisippi Tbk
Manajeman strategi pemasaran yang
diterapkan di PT. Aqua Golden Mississippi adalah :
1) Strategi menarik konsumen
Banyak cara yang sudah dilakukan
oleh PT. Aqua Golden Mississippi untuk menarik konsumen sebanyak mungkin, salah
satunya dengan cara memberi selogan yang bagus dari semua produk, membuat iklan
yang menarik, promosi di setiap pelosok tanah air, dan lain-lain. Hal ini
dimaksudkan agar semua orang tertarik untuk membeli atau mencoba memakai produk
dari PT. Aqua Golden Mississippi yang nantinya diharapkan bisa menjadi
pelanggan dari produk PT. Aqua Golden Mississippi.
2) Strategi mempertahankan
pelanggan
Dalam strategi ini PT. Aqua
Golden Mississippi berkomitmen bahwa pelanggan itu yang paling penting untuk
perusahaan. Tanpa pelanggan atau konsumen, perusahaan tidak akan maju dan
berkembang. Demi kepuasan pelanggan PT. Aqua Golden Mississippi memberikan
pelayanan dan kualitas yang maksimal dengan tujuan agar pelanggan selalu merasa
puas dalam menggunakan produk dari PT. Aqua Golden Mississippi. Hal itu
dilakukan untuk mempertahankan pelanggan agar tidak berpaling kepada produk
yang lain.
3) Strategi promosi untuk
menguasai pasar
Demi menjaring pelanggan yang
banyak PT. Aqua Golden Mississippi mengutamakan promosi melalui iklan-iklan
yang berkualita dan mudah dimengerti, baik iklan di televisi, radio, maupun
iklan di media cetak, dan lain-lain.
Strategi Pemasaran dengan
Marketing Mix
Marketing mix merupakan suatu
alat marketing yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan marketing dalam
pasar target. Mizone sebagai pendatang baru minuman isotonik menunjukkan
eksistensinya dengan mengoptimalkan unsur 4 P marketing mix (Produk, Harga,
Distribusi, Promosi) yang kompetitif
Strategi Marketig Mix PT Danone
Aqua terhadap Mizone
1) Produk (product)
Mizone yang diproduksi oleh
Danone Aqua merupakan kategori minuman isotonik bernutrisi. Diluncurkan pertama
kali pada 27 September 2005 di Surabaya dengan rasa orange lime yang
menyegarkan, rasa passion fruit yang memanjakan selera, dan pada Juni 2008
meluncurkan varian baru dengan rasa lychee lemon yang sensasional. Mengandung
Hydromaxx yaitu : Vitamin B1, B3, B6, dan B12 untuk membantu metabolisme
karbohidrat menjadi energi, Vitamin C, sebagai antioksidan untuk menjaga
kahidupan sel dalam tubuh, dan elektrolit untuk menggantikan mineral yang
hilang akibat pengeluaran keringat. Bahan dasar Mizone menggunakan air mineral Aqua
dan sari buah alami melalui proses kristalisasi. Mizone sendiri merupakan
produk yang sudah terkenal di Australia, New Zealand, dan Cina.
Pada November 2006 Mizone dilanda
krisis karena tidak menantumkan salah satu bahan pengawet (natrium benzoat)
dalam kemasannya. BPOM memberikan tenggat waktu hingga Desember 2006 agar
Mizone menarik produknya dari pasaran dan memperbaiki label pada kemasan. Pada
saat itu, Mizone sudah beredar di 30 depo, 50 distributor dan 1 juta outlet di
seluruh Indonesia. Penjualan turun drastis sedikitnya Rp 35 miliar perhari.
Untuk mengembalikan kepercayaan konsumen, Mizone melakukan edukasi kepada
konsumen melalui promosi baik below the line maupun above the line.
2). Harga (Price)
Dari segi harga, Mizone sangat
kompetitif sekitar Rp 2.500 untuk isi 500 mL, jika dibandingkan dengan isotonik
dalam kemasan kaleng yang yang harganya sekitar Rp 3.300 untuk isi 330 ml .
3). Distribusi (Place)
Distribusi Mizone berorientasi
nasional menggunakan jalur distribusi Aqua yang sangat luas, kuat di pasar
tradisional (mudah dijumpai di warung dan toko-toko yang menjual produk Aqua).
Sampai ada suatu istilah di kalangan distributor “di mana ada Aqua, disitu ada
Mizone”.
4). Promosi (Promotion)
Target pasar Mizone adalah semua
kalangan umur, namun dalam kampanyenya lebih ditujukan kepada kalangan usia
18-35 tahun dengan aktivtas yang dinamis. Mizone melakukan kampanye
besar-besaran lewat placement iklan di televisi (TV), radio, media cetak, dan
media luar ruang. Belanja iklan Mizone sepanjang 2006 paling besar dibandingkan
kompetitornya, yaitu sebesar 46,1 milyar. Pada Agustus 2006, Mizone mengadakan
sampling road show di beberapa kota besar pada pusat keramaian. Mizone memasuki
sekolah dengan membuat iklan dan pembuatan logo Mizone pada lapangan olahraga
(lapangan basket) serta di white board SMA ternama di beberapa kota besar.
ANALISA SWOT :
KEKUATAN :
- Brand Aqua Danone sangat kuat
- Aqua Danone sebagai market
leader bisnis air mineral (pangsa pasar 60%)
- Memasarkan produk tidak susah,
karena konsumen sudah mengetahui kualitas produk
- Kemasan Aqua semakin beragam (
dari kemasan gelas, botol kecil, sedang hingga galon )
- Menggunakan manajemen sumber
daya air yang canggih.
- Inovasi terbaru tutup Aqua
Galon yang unik dan inovatif, dan secara eksklusif dilengkapi segel transparan
dengan hologram untuk menjamin terjaganya produk alami dari tiap tetes Aqua
- Agen penjualan Aqua yang
tersebar dimana-mana, karena untuk menjadi agen Aqua sangat mudah, hanya dengan
pengambilan minimal 20 galon Aqua
KELEMAHAN :
- Kendali pasokan / stok barang
berada di tangan Principal / Main Distributor
- Diperlukan Modal Kerja yang
cukup besar
- Ketika musim hujan penjualan
turun dan Arus Kas terbenam di Stok Barang.
- Air mineral Aqua masih
menggunakan proses Ozonisasi, sehingga menimbulkan stigma negatif pada
masyarakat
PELUANG :
- Track record distribusi Aqua
Danone bisa dipakai referensi untuk melebarkan sayap bisnis produk Danone Food
(Biskuat dll)
- Pemberian bantuan Aqua untuk
wilayah terpencil merupakan salah satu promosi Aqua bahwa Aqua juga perduli
terhadap sesama
- Air PDAM yang sekarang sudah
tidak memungkinkan untuk dikonsumsi, maka Pemerintah menganjurkan kepada
masyarakat agar mengkonsumsi air mineral dalam kemasan
- Aqua mempunyai kesempatan besar
untuk bisa menembus pasar Internasional
ANCAMAN :
- Mulai muncul produk-produk air
mineral baru
- Sekarang ini banyak bermunculan
depo-depo air minum isi ulang dikawasan padat penduduk dimana harga yang
ditawarkan jauh lebih murah dibanding Aqua
- Adanya kenaikan bahan baku
untuk kemasan, seperti plastik untuk label dan bahan untuk pembuatan gallon
- Tidak stabilnya nilai tukar
rupiah terhadap mata uang asing
- Melemahnya daya beli konsumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar